Istilah – Istilah Di Dunia Genset

Istilah – Istilah Di Dunia Genset

Istilah di dunia listrik dan genset kadang membingungkan. Salah satu istilah yang sering digunakan adalah kVA (Kilo Volt Ampere) dan berikut artinya.

genset silent type

 

genset silent type

Kapasitas : 

KVA adalah satuan yang digunakan untuk mengukur kapasitas genset. kVA berbeda dengan kW (kilo Watt) yang biasa digunakan oleh PLN. Untuk mengukur kapasitas dalam kW, Anda dapat mengali nya dengan 0,8.

Contoh hitung daya genset dalam kva :

Genset dengan 100 kVA berarti memiliki kapasitas sebesar 80kW (atau 80.000 Watt).Genset dengan 500 kVA berarti memiliki kapasitas sebesar 400 kW (atau 400.000 Watt).3-phase dan 1-phase

 

Phase :

Tergantung dari kebutuhan pengguna (instalasi PLN pengguna), ada sistem 3-phase dan 1-phase. Harap konfirmasi kembali ke instalasi PLN Anda.

 

Tipe :

Genset biasa dipaket dengan 2 tipe, yaitu Silent dan Open Type. Silent berarti genset telah dibungkus dengan kotak yang telah dipasang peredam, sehingga suara yang dihasilkan tidak bising. Biasanya genset digunakan untuk rumah, perkantoran, rumah sakit dan tempat publik lainnya. Open Type berarti genset tidak dibungkus oleh peredam. Biasanya genset digunakan untuk pabrik atau untuk proyek.

 

Rating :

Prime rate adalah kapasitas genset yang bisa dikeluarkan maksimum di pemakaian normal.

Standby rate adalah kapasitas genset yang bisa dikeluarkan maksimum pada pemakaian overload (tidak boleh terlalu sering, kalau tidak genset akan rusak).

 

Panel : 

Panel AMF / ATS  : AMF sendiri artinya adalah Automatic Main Failure. Yang fungsi nya adalah menghidupkan / mematikan genset secara otomatis dengan sinyal dari luar.

ATS sendiri artinya adalah Automatic Transfer Switch. Yang fungsi nya adalah mentransfer sumber catu daya dari PLN menuju genset apabila PLN mati.

Apabila digabungkan, panel AMF / ATS akan secara otomatis menghidupkan / mematikan genset (fungsi dari AMF) dan mentransfer catu daya dari PLN ke genset atau sebaliknya (fungsi dari ATS) ketika PLN mati / hidup kembali.

 

Pelengkap :

Kabel power adalah kabel yang digunakan untuk mengkonek antara genset dengan PLN. Kabel yang digunakan harus cukup tebal, karena akan mengandung arus yang cukup tinggi.

 

Sewa Genset – Imel Studio melayani sewa genset mulai kapasitas 20 KVA untuk sewa harian, mingguan dan bulanan. Kami melayani sewa untuk daerah Jabodetabek dan wilayah lainnya.

Email : [email protected]
Phone : 021.8201022
Hotline : 081288836638 ( Ada WA )
0818159042